10 Cara Mudah Makan Sehat dengan Budget Terbatas

Makan sehat tidak harus mahal. Ada banyak cara untuk makan sehat dengan budget terbatas. Berikut adalah 10 tips untuk makan sehat dengan budget terbatas:

  1. Buat rencana makan. Merencanakan makan adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan memastikan bahwa Anda makan makanan yang sehat. Ketika Anda merencanakan makan, Anda dapat membuat daftar bahan-bahan yang Anda butuhkan dan kemudian berbelanja dengan bijak.
  2. Belanja di pasar swalayan. Pasar swalayan biasanya lebih murah daripada toko kelontong khusus. Anda juga dapat menemukan lebih banyak pilihan makanan sehat di pasar swalayan.
  3. Beli bahan-bahan dasar. Bahan-bahan dasar seperti beras, gandum, dan kacang-kacangan adalah bahan-bahan yang serbaguna yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan sehat.
  4. Manfaatkan sisa makanan. Jangan buang sisa makanan. Anda dapat menggunakan sisa makanan untuk membuat salad, sup, atau omelet.
  5. Masak di rumah. Memasak di rumah adalah cara yang lebih murah untuk makan sehat daripada makan di luar. Anda juga dapat lebih mengontrol apa yang ada di makanan Anda ketika Anda memasak di rumah.
  6. Beli makanan beku. Makanan beku adalah cara yang bagus untuk menghemat waktu dan uang. Anda dapat menemukan banyak makanan sehat yang beku, seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan.
  7. Buat camilan sehat. Camilan sehat adalah cara yang bagus untuk menghindari makan junk food. Anda dapat membuat camilan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.
  8. Minum air putih. Air putih adalah minuman yang paling sehat dan menyehatkan. Minum air putih dapat membantu Anda tetap terhidrasi dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.
  9. Hindari minuman manis. Minuman manis seperti soda, jus buah, dan minuman berenergi adalah minuman yang tidak sehat. Minuman manis dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.
  10. Nikmati makanan sehat. Makan sehat tidak harus membosankan. Ada banyak makanan sehat yang lezat dan bergizi. Anda dapat menemukan banyak resep makanan sehat di internet dan di buku-buku resep.

Berikut adalah beberapa contoh makanan Indonesia yang sehat dan cocok untuk budget terbatas:

Sayur lodeh

Sayur lodeh adalah sup sayur yang kaya akan serat dan vitamin. Sayur lodeh biasanya dibuat dengan santan, tetapi Anda dapat membuatnya tanpa santan untuk membuatnya lebih rendah lemak.


Gado-gado

Gado-gado adalah salad sayur yang dicampur dengan saus kacang. Gado-gado adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung banyak serat.

Nasi uduk

Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Nasi uduk adalah sumber karbohidrat yang baik dan juga mengandung banyak serat.

Tempe orek

Tempe orek adalah tempe yang ditumis dengan bumbu-bumbu. Tempe orek adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung banyak serat.

Sayur asem

Sayur asem adalah sup sayur yang asam dan segar. Sayur asem adalah sumber vitamin dan mineral yang baik.

Makan sehat tidak harus mahal. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat makan sehat dengan budget terbatas.

Tinggalkan komentar